Kamis, 17 November 2011

MEMBUAT MENU MENGGUNAKAN GO TO DAN ESCAPE KEY

Mau share nih tentang program membuat MENU dalam bahasa COBOL dengan menggunkan statement GO TO dan ESCAPE KEY. Codingannya :

       IDENTIFICATION DIVISION.
       PROGRAM-ID. MENU.
       AUTHOR. NOVI LATIFAH.
       ENVIRONMENT DIVISION.
       DATA DIVISION.
       WORKING-STORAGE SECTION.
       01 LUAS SEGITIGA SIKU SIKU.
           02 PANJANG PIC 99V99.
           02 LEBAR PIC 99V99.
           02 LUAS PIC Z(6).99.
       01 SEGITIGA.
           02 ALAS PIC 99V99.
           02 TINGGI PIC 99V99.
           02 LUAS PIC Z(6).99.
       01 SISI MIRING SEGITIGA SIKU SIKU.
           02 SISI1 PIC 99V99.
           02 SISI2 PIC 99V99.
           02 SISI-MIRING PIC Z(6).99.

       77 TEKAN PIC 99.
       77 PILIH PIC X.

       SCREEN SECTION.
       01 HAPUS-LAYAR.
           02 BLANK SCREEN.
       01 LAYAR-MENU.
           02 LINE 3 COLUMN 20 VALUE  '      <<MENU>>      '.
           02 LINE 6 COLUMN 20 VALUE  'F1. LUAS SEGITIGA SIKU-SIKU'.
           02 LINE 8 COLUMN 20 VALUE  'F2. LUAS SEGITIGA'.
           02 LINE 10 COLUMN 20 VALUE 'F3. SISI MIRING SEGITIGA'.
           02 LINE 12 COLUMN 20 VALUE 'ESC SELESAI'.
           02 LINE 20 COLUMN 20 VALUE 'PILIH YANG MANA ? '.
           02 LINE 20 COLUMN 40 PIC X TO PILIH.

       PROCEDURE DIVISION.
       TAMPILKAN-MENU.
           DISPLAY HAPUS-LAYAR.
           MOVE SPACE TO PILIH.
           DISPLAY LAYAR-MENU.
           ACCEPT LAYAR-MENU.
           ACCEPT TEKAN FROM ESCAPE KEY.
           DISPLAY HAPUS-LAYAR.

        SELEKSI-PILIHAN.
           IF TEKAN = 1
              GO TO SELESAI.

           IF TEKAN = 2
              DISPLAY (2,5) 'PANJANG ? '.
              ACCEPT (2, ) PANJANG WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'LEBAR ? '.
              ACCEPT (3, ) LEBAR WITH PROMPT.
              COMPUTE LUAS = 0.5*PANJANG*LEBAR.
              DISPLAY (5,5) 'LUAS SEGITIGA SIKU-SIKU ADALAH = 'LUAS.
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           IF TEKAN = 3
              DISPLAY (2,5) 'ALAS SEGITIGA ? '.
              ACCEPT (2, ) ALAS WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'TINGGI SEGITIGA ? '.
              ACCEPT (3, ) TINGGI WITH PROMPT.
              COMPUTE LUAS = (ALAS*TINGGI)/2.
              DISPLAY (5,5) 'LUAS SEGITIGA ADALAH = 'LUAS. 
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           IF TEKAN = 4
              DISPLAY (2,5) 'SISI SIKU-SIKU PERTAMA : ? '.
              ACCEPT (2, ) SISI1 WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'SISI SIKU-SIKU KEDUA : ? '.
              ACCEPT (3, ) SISI2 WITH PROMPT.
              COMPUTE SISI-MIRING =(SISI1**2 + SISI2**2)**(1/2).
              DISPLAY (5,5) 'SISI MIRINGNYA ADALAH = 'SISI-MIRING.
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           ELSE

              GO TO TAMPILKAN-MENU.
       KEMBALI-KE-MENU.
           DISPLAY (20,5) 'TEKAN SEMBARANG UNTUK KEMBALI KE MENU'.
           MOVE SPACE TO PILIH.
           ACCEPT (20, ) PILIH WITH AUTO-SKIP.
           GO TO TAMPILKAN-MENU.

       SELESAI.
           STOP RUN.   



Perlu diperhatikan yaa, dalam program COBOL letak penulisan berpengaruh pada jalannya suatu program. Mulailah mengetik codingnya dari kolom 8 untuk setiap DIVISI dan LEVEL NUMBER YANG BERDIRI SENDIRI (77), dan kolom 12 untuk setiap LEVEL NUMBER (01). Semakin besar level number maka letaknya akan semakin menjorong ke dalam (bisa dilihat pada contoh program diatas).
contoh program di atas di adaptasi dari contoh yang terdapat dalam buku Teori dan Aplikasi Program Komputer Bahasa Cobol karya Jogiyanto Hartono,MBA,Ph.D.

Selamat mencoba :)...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar