Kamis, 12 Januari 2012

Arsitektur Von Neumann

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Salah satu contoh arsitektur komputer yang hingga kini dipakai adalah Arsitektur Von Neumann. Arsitektur Von Neumann adalah sebuah arsitektur komputer yang diciptakan oleh seorang ilmuan Jerman bernama John Von Neumann. Von Neumann menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan penyimpanannya dalam sebuah memory.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Seperti dibawah ini : 


 
 Yang bila dijabarkan --> dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori sistem yang menerima instruksi-instruksi dan penyimpanannya dalam sebuah memory.

Novi Latifah, 15110054, 2KA08..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar