Sabtu, 04 Mei 2013

Media transmisi



1.      Kabel (Wired)
a.       Twisted pair
Merupakan kabel yang paling luas penggunaanya karean dipergunakan untuk jaringan telepon. Kabel ini terbuat dari tembaga dimana beberapa pasang kabelnya di-untir guna mempertinggi kualitas kabel, maka dari itu kabel ini disebut juga kabel untiran. Contoh gambarnya :
·         UTP (Unshielded Twisted Pair) :


·         STP (Shielded Twisted Pair) :

b.      Kabel Coaxial
Merupakan kabel yang terbuat dari tembaga yang dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lainnya. Kabel ini  menyediakan insulasi antara konduktor pusatdan jaringan metal lainnya. Fungsi dari kabel ini adalah untukmemblokir interkoneksi dari jaringan luar. Kabel ini dibedakan menjadi Thick Coaxial (max. 500M), Thin Coaxial (max.185M),dan  Konektor BNC. Contoh gambarnya :
·         Thick Coaxial :


·         Thin Coaxial :

·         Konektor BNC :

c.       Fiber Optic (Serat Optik)
Mrupakan sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambuat manusia.serat optic disunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh. Contoh gambarnya :
·         Single-ode Fibers :

·         Multi-mode Fibaers :

2.      Tanpa Kabel (Wireless)
a.       Gelombang Radio (Radio Wave)
Contoh gambarnya : 


b.      Infrared
Adalah komunikasi antar 2 titik yang menggunakan laser dalam jarak dekat. Jarak komunikasi yang digunakan adalah irDA yaitu infrared data association.

c.       Bluetooth
Adalah komunikasi wireless  yang digunakan untuk pertukaran data dengan area yang terbatas (WLAN). Data dibagi menjadi beberapa bagian dan dikirimkan dalam beberapa kanal frekuensi yang berbeda.

d.      Wifi
Adalah komunkasi yang terjalin dengan lebih baik antar  berbagai perangkat wireless dimana pengguna perangkat mobile dapat terhubung ke wireless network dan internet melalui akses point.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar