Senin, 27 Januari 2014

PENGANTAR TELEMATIKA E-Business (tugas 2)


Disusun Oleh
Fitri Intan Ekawati (12110831)
Heni Juwita Dewi S (13110234)
Novi Latifah (15110054)
Nurul Aisyah (15110198)
Kelas 4KA08

Tokobagus, kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

Sejarah
Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Pada tahun 2010, PT. Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.
Asal Nama
Nama Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus”, kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata “Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia.
Versi Mobile
Perkembangan mobile internet di Indonesia mempengaruhi lahirnya situs m.tokobagus.com pada tahun 2010. Berlanjut di tahun 2011, bermunculan pula aplikasi mobile untuk ponsel pintar Android dan BlackBerry.
Arsitekture E-Business pada Tokobagus.com
Kerangkakerjaperencanaankonseptualdimanaaplikasibisnisdanteknologiinformasididesainsebagaiarsitekturterpadudarisistemperusahaan yang mendukunginisiatifbisnisstrategisdan proses bisnislintasfungsi. Arsitektur dasar dari aplikasi web tokobagus.com adalah arsitektur clientIserver. Artinya pemrosesan aplikasi ini dijalankan melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi clien.
Berbeda dengan arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak konvensional yang dibangun olehperusahaan berdasarkan dua pilihan utama, yaitu membeli paket jadi atau membuat sendiri dari nol, di dalam membangun infrastruktur e-business dipergunakan kerangka arsitektur yang terdiri dari berbagaibuilding blocks. Entiti-entiti blok ini seperti layaknya permainan anak-anak lego dapat dengan mudah “copot-copot” dan dipasang sesuka hati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, untuk mendirikan sebuah bangunan arsitektur sesuai keinginan. Salah satu standar kerangka arsitektur e-business yang mempergunakan pendekatan ini dikembangkan bersama oleh Alta Software dengan Cisco Systems
Arsitektur ini dibangun oleh berbagai building blocks yang didalamnya dapat dikonfigurasi sesuai dengankebutuhan perusahaan. Komponen-komponen tersebut antara lain: Order Management Server, ProductConfiguration Server, Dynamic Content Server, Commerce Transaction Server, dan Secured AccessServer. Masing-masing komponen ini secara fleksibel dapat dengan mudah dan secara cepat di-“bongkarpasang” sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Berikut adalah penjelasan ringkas mengenai fungsi beberapa komponen yang berada di dalam arsitektur sistem e-business.
·         Order Management Server
Sistem ini memiliki fungsi utama untuk menangani masalah pemesanan produk atau jasa sampai denganproses pengirimannya kepada konsumen. Setelah perusahaan melakukan validasi terhadap pemesananproduk yang dilakukan oleh calon pembeli, sistem ini secara otomatis mengirimkan perintah pengadaanbarang ke bagian pemasok (suppliers) yang biasanya telah memiliki sistem informasinya sendiri sepertiERP (Enterprise Resource Planning). Untuk memberitahukan konsumen bahwa pesanannya telah diprosesdan dalam status tertentu, dieprgunakan sebuah metode khusus yang dinamakan Event Notification Agent.
·         Product Configuration Server
Pada prinsipnya sistem ini dibangun untuk mempermudah konsumen dalam menentukan konfigurasi produk yang diinginkan, tentu saja dengan catatan bahwa produk yang ditawarkan dapat di-customised(ditentukan spesifikasinya sesuai dengan keinginan spesifik konsumen). Biasanya cara kerja sistem inimempergunakan konsep Rule-Based Engine dimana berdasarkan sejumlah peraturan tertentu, konsumen dapat melakukan tailor made terhadap konfigurasi dan spesifikasi produk akhir yang diinginkan.
·         Dynamic Content Server
Komponen ini merupakan jantung dari informasi perusahaan dimana secara dinamis dan kontinyu,melakukan pengelolaan dan update terhadap informasi halaman HTML (situs) yang dapat dengan mudahdiakses oleh konsumen maupun mitra bisnis. Dikatakan dinamis karena perusahaan dapat dengan mudah merubah berbagai informasi properties dari produk yang ditawarkan dengan mudah dan secara otomatis perubahan tersebut akan “dicatat” oleh halaman HTML terkait sehingga konsumen atau mitra bisnis dapatseketika melihat informasi termutakhir. Contoh karakteristik produk yang dapat dirubah informasinyaantara lain adalah harga, jumlah, warna, dan lain sebagainya. Yang unik adalah bahwa sistem ini menyediakan fasilitas untuk membuat halaman HTML yang berbeda untuk masing-masing konsumen atau mitra bisnis sesuai yang diinginkan.
·         Commerce Transaction Server
Dalam kenyataannya, transaksi e-commerce sederhana akan melibatkan berbagai pihak, mulai dari proses pemesanan sampai dengan pembayaran dan distribusi produk yang dibeli. Terhadap beragam proses tersebut, sejumlah server atau sistem lain harus bekerja sama berdasarkan aturan dan skenario yang disepakati. Sistem Commerce Transaction Server ini bertugas untuk mengelola keperluan tersebut, agar proses transaksi yang melibatkan sejumlah server dapat berjalan dengan efektif. Realibility dan consistency merupakan dua standar kualitas yang harus dicapai oleh sistem ini. 
·         Secured Access Server
Sesuai dengan namannya, sistem ini bertujuan untuk menjaga agar transaksi yang berjalan dapat terjamin keamanannya, seperti:
·         Proses pembayaran, agar tidak ada pihak-pihak yang dapat mencuri nomor kredit card, rekeningbank, identifikasi digital cash, dan lain-lain ;
·         Proses pengiriman dokumen, agar data pribadi yang rahasia tidak jatuh ke tangan mereka yang tidak berhak;
·         Proses verifikasi, agar situs yang ada hanya dapat diakses oleh mereka yang berhak;
·         Proses autientifikasi, agar perusahaan benar-benar melakukan transaksi dengan pihak yang dimaksud;
Kerangka yang dibangun oleh Alta dan Cisco ini mempergunakan pendekatan arsitektur multi-tier yang paling canggih, yang dapat dengan mudah dikembangkan sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Tiga kelebihan utama yang ingin dicapai dengan sistem arsitektur di atas, yaitu:
1.      Scalability – dimana arsitektur yang ada dapat secara fleksibel dikembangkan untuk mengelola tipe bisnis e-commerce yang paling sederhana sampai dengan sistem kompleks yang melibatkan transaksi dengan frekuensi tinggi dan volume besar dengan prinsip “rumah tumbuh” (dari kecil,lambat laut menjadi besar);
2.      Security – dimana faktor-faktor keamanan dibangun secara built-in pada masing-masing komponen sehingga meningkatkan kualitas keamanan yang ada
3.      Integration – dimana arsitektur yang ada dibangun oleh berbagai komponen-komponen yang dapatsaling terintegrasi secara efektif, baik antar komponen-komponen internal sistem, maupun dengan berbagai sistem yang berada di luar sistem yang dimiliki perusahaan (eksternal).
Teknologi yang Mendukung
Untuk menjalankan e-Business, diperlukan beberapa servis atau infrastruktur yang mendukung pelaksanaan business. Servis-servis ini akan dibahas pada bagian (section) di bawah ini.
1.      Directory Services
Directory services menyediakan informasi tentang pelaku bisnis dan end user, seperti halnya buku telepon dan Yellow Pages. Ada beberapa standar yang digunakan untuk menyediakan directory services. Salah satu standar yang cukup populer adalah LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) yang kemudian menimbulkan OpenLDAP (www.openLDAP.org). Salah satu permasalahan yang mengganjal dalam penggunaan directory services adalah adanya potensi security hole, yaitu ada kemungkinan orang melakukan spamming. pamming adalah proses pengiriman email sampah yang tak diundang (unsolicied emails) yang biasanya berisi tawaran barang atau servis ke banyak orang sekaligus. Seorang spammer dapat melihat daftar user dari sebuah directory services kemudian mengirimkan email spamnya kepada alamat-alamat email yang dia peroleh dari directory services tersebut.
2.      Intfrastruktur Kunci Publik (Public Key Infrastructure)
Untuk menjalankan eBusiness, dibutuhkan tingkat keamanan yang dapat diterima. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi, yaitu antara lain dengan menggunakan enkripsi untuk mengacak data. Salah satu metoda yang mulai umum digunakan adalah pengamanan informasi dengan menggunakan public key system. Sistem lain yang bisa digunakan adalah privae key system. Infrastruktur yang dibentuk oleh sistem public key ini disebut Public Key Infrastructure (PKI), atau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi Infrastruktur Kunci Publik (IKP), dimana kunci publik dapat dikelola untuk pengguna yang tersebar (di seluruh dunia). Komponen-komponen dari infrastruktur kunci publik ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian berikut.
3.      Certification Authority (CA)
Merupakan sebuah body / enity yang memberikan dan mengelola sertifikat digital yang dibutuhkan dalam transaksi elektronik. CA berhubungan erat dengan pengelolaan public key system. Contoh sebuah CA di Amerika adalah Verisign (www.verisign.com). Adalah merugikan apabila perusahaan di Indonesia menggunakan fasilitas Verisign dalam transaksi eCommerce. Untuk itu di Indonesia harus ada sebuah (atau lebih) CA. Sayangnya, untuk menjalankan CA tidak mudah. Banyak hal teknis dan non-teknis yang harus dibenahi. (Catatan: penulis saat ini sedang mengembangkan sebuah CA untuk Indonesia. Kontak penulis untuk informasi lebih anjut.) CA dapat diimplementasikan dengan menggunakan software yang komersial (seperti yang dijual oleh Verisign) dan juga yang gratis seperti yang dikembangkan oleh OpenCA1.
4.      IPSec.
Keamanan media komunikasi merupakan hal yang penting. Mekanisme untuk mengamankan media komunikasi yang aman (secure) selain menggunakan SSL, yang akan dijelaskan kemudian, adalah dengan menggunakan IP Secure. Plain IP versi 4, yang umum digunakan saat ini, tidak menjamin keamanan data.
5.      Pretty Good Privacy (PGP).
PGP dapat digunakan untuk authentication, encryption, dan digital signature. PGP umum digunakan (de facto) di bidang eMail. PGP memiliki permasalahan hukum (law) dengan algoritma enkripsi yang digunakannya, sehingga ada dua sistem, yaitu sistem yang dapat digunakan di Amerika Serikat dan sistem untuk internasional (di luar Amerika Serikat). Implementasi dari PGP ada bermacam-macam, dan bahkan saat ini sudah ada implementasi dari GNU yang disebut GNU PrivacyGuard (GPG).
6.      Privacy Enhanced Mail (PEM).
PEM merupakan standar pengamanan email yang diusulkan oleh Internet EngineeringTask Force (IETF) (http://www.IETF.org).
7.      S/MIME.
Selain menggunakan PGP, pengamanan eMail dapat juga dilakukan dengan menggunakan standar S/MIME. S/MIME sendiri merupakan standar dari secure messaging, dan tidak terbatas hanya untuk eMail saja. Beberapa vendor EDI sudah berencana untuk menggunakan S/MIME sebagai salah satu standar yang didukung untuk messaging. Informasi mengenai S/MIME dapat diperoleh dari berbagai tempat, seperti misanya: S/MIME Central <http://www.rsa.com/smime/>
8.      Secure Sockets Layer (SSL).
Seperti dikemukakan pada awal dari report ini, eBusiness banyak menggunakan teknologi Internet. Salah satu teknologi yang digunakan adalah standar TCP/IP dengan menggunakan socket. Untuk meningkatkan keamanan informasi keamanan layer socket perlu ditingkatkan dengan menggunakan teknologi kriptografi. Netscape mengusulkan pengamanan dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) ini. Untuk implementasi yang bersifat gratis dan open source, sudah tersedia OpenSSL project (http://www.openSSL.org). Selain SSL ada juga pendekatan lain, yaitu dengan menggunakan Transport Layer Security (TLS v1).
Metode Pengembangan Bisnis Online Tokobagus.com
Dalam banyak kasus, sebuah Bisnis Online bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, serta beberapa faktor yang termasuk:
·         Menyediakan harga kompetitif.
·         Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·         Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
·         Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
·         Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·         Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
·         Mempermudah kegiatan perdagangan.
Analisa Tokobagus.com
Konsep
Konsep Tokobagus yaitu Interaction. Tokobagus merupakan interaksi pertukaran informasi atau data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (electronic data interchange).
Model
Consumer-to-Consumer (C2C) yang merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Suatu perusahaan yang memfasilitasi atau memberikan wadah kepada konsumer agar bisa menjual atau membeli dari konsumer lain melalui internet.
Analisa Desain Web Tokobagus.com
·         Accessibility
Dari segi aspek Accessibility dalam website Tokobagus sudah cukup terpenuhi, karena website ini menyediakan versi mobile. Sehingga para pengunjung yang ingin mengakses situs Tokobagus dapat dilakukan melalui handphone. Hanya saja website Tokobagus tidak menyediakan versi English (Bahasa Inggris) bagi pengunjung mancanegara.
·         Esthetically Pleasing
Penempatan menu sudah sangat baik. Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. Sehingga kalau dilihat dari segi estetika terlihat sangat elegan.
·         Availability
Website Tokobagus ini jika dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan barang yang ingin dicari.
·         Clarity
Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di Tokobagus memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di Tokobagus dapat terlihat dengan jelas.
·         Compatibility
Website ini sudah cukup compatible, karena dapat dijalankan di berbagai browser.
·         Configurability
Dari segi aspek configurability  website Tokobagus bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut.
·         Consistency
Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.
·         Control
Website Tokobagus memiliki control yang baik, semua tombol dapat berfungsi dengan baik. Tidak ada tombol yang tidak berfungsi dan dapat digunakan dengan baik.
·         Directness
Website Tokobagus sudah memenuhi prinsip-prinsip directness. Misalnya pada saat user telah terdaftar menjadi anggota Tokobagus, user dapat memiliki halaman pribadi didalam Tokobagus yang disebut “tokosaya”.
·         Efficiency
Website Tokobagus cukup efisien. Contohnya seperti dalam penempatan menu yang ada di (kanan atas,kiri dan bawah) sudah cukup proporsional sehingga lebih memudahkan pengguna untuk merujuk ke menu tanpa harus menggeserkan scrollbar. Ditambah lagi semua objek(produk) disusun berdarkan kategori sehingga memudahkan visitor dalam pencarian objek.
·         Familiarity
Prinsip familiarity sudah terpenuhi pada website Tokobagus. Contohnya seperti design logo Tokobagus yang simple dan unik pada halaman website tersebut membuat para visitor menjadi familiar.
·         Flexibility
Prinsip flexibility sudah terpenuhi pada website Tokobagus. Contohnya seperti rancangan pada websitenya sudah diatur dan disesuaikan untuk kemudahan para visitor, supaya para visitor website Tokobagus dapat melakukan transaksi dengan mudah jika berkunjung ke situs tersebut.
·         Forgiveness
Website ini sudah menerapkan prinsip forgiveness. Website Tokobagus menyediakan kolom bantuan sehingga memudahkan website tersebut dalam penaganan kesalahan.
·         Immersion
Website Tokobagus sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman untuk promosi produk, sehingga para visitor dapat langsung melihat barang yang ingin dia beli.
·         Obviousness
Website Tokobagus sudah memunuhi aspek obvious, karena para visitor dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web tersebut.
·         Operability
Selain website Tokobagus dapat dioperasikan atau diakses lewat PC maupun laptop, Tokobagus juga menyediakan versi mobile bagi para pengguna yang ingin mengakses lewat handphone.
·         Perceptibility
Website Tokobagus telah memenuhi prinsip perceptibility. Dengan melihat halaman website, user akan cepat memahami dan beradapatasi dengan website tersebut .
·         Predictability
Website Tokobagus telah menerapkan aspek predictability. Website Tokobagus telah memperhitungkan secara matang dengan menyediakan fitur tokosaya yang diperuntukan untuk para member yang ingin memasang iklan serta mendagangkan produk jualannya, sehingga memudahkan dalam proses transaksi.
·         Recovery
Website ini sudah dapat recovery bila terjadi kesalahan. Misalnya saat user ingin login di Tokobasgus bila belum mendaftar sebagai member di website tersebut maka akan muncul validasi “Anda belum terdaftar”.
·         Responsiveness
Website Tokobagus memiliki respon yang baik terhadap user, hampir semua tools dan tombol ketika di klik dapat memberikan respon balik terhadap user.
·         Safety
Dalam hal ini website Tokobagus sudah menerapkan prinsip safety. Website Tokobagus menyediakan ketentuan-ketentuan dan tips cara aman bertransaksi pada websitenya sehingga memberikan pengetahuan dan keamanan tentang tata cara bertransaksi.
Secara keseluruhan sudah bagus, sudah memenuhi kriteria, serta dapat diakses dengan cepat. 
Analisa Pengunjung Tokobagus.com
Seiring dengan kemajuan IT di Indonesia perkembangan dan kebutuhan website meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu kekuatan brand bagi dunia usaha. Website dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.
Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya.
Analisa Content Tokobagus.com
Tokobagus benar-benar menjadikan member (dan calon pembeli) sebagai raja, dan menyediakan Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan penggunaan situs Tokobagus.com juga pertanyaan non teknis yang lain, dan sebentar lagi juga akan diluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi rujukan pengguna disaat Live Support sedang offline.
Setiap member di Tokobagus juga berpeluang menjadi Verified Member, dimana akan dikirimkan kode verifikasi ke alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan melalui profil mereka di Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih aman.
Tokobagus juga menyediakan statistik iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum maksimal.
Tokobagus juga sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan memperoleh nilai plus di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).
Setiap penjual di Tokobagus akan memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka pilih (contoh: peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan themenya. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan menulis aturan yang berlaku di toko mereka.
Fitur
Beberapa fitur pada Tokobagus.com, diantaranya :
·         Extrafield
Terdapat extrafield didetail iklan kategori property dan otomotif.
·         IklanMember
Terdapat widget Iklan Lain dari member di detail iklan.
·         Sortir Iklan
Terdapat fitur Sorting pada list iklan berdasarkan waktu pemasangan, judul dan harga.
·         Search Faceting
Fitur filterisasi hasil pencarian berdasarkan lokasi, harga, tipe iklan dan lain-lain. Sehingga user akan lebih mudah dalam mencari barang yang diinginkan.
·         Search Suggestion
Fitur yang memberikan saran keyword populer yang kemungkinan dimaksud oleh user saat menginput keyword di form search.
·         Keyword Suggestion
Saat hasil pencarian tidak ditemukan, keyword pencarian terkait akan diberikan kepada user.
·         Pop-Up Images
Menampilkan pop up images yang lebih besar di list iklan saat mouse berada di thumbnail.
·         Widget
Peningkatan pada navigasi situs yang menampilkan iklan-iklan yang didapat dari hasil pencarian tanpa perlu kembali ke jendela sebelumnya.
Sumber
http://Monster Bear Blog's ARSITEKTUR E-COMMERCE & TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar