Disusun Oleh
Fitri Intan Ekawati (12110831)
Heni Juwita Dewi S (13110234)
Novi Latifah (15110054)
Nurul
Aisyah (15110198)
Kelas 4KA08
Tokobagus,
kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada
aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh
penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini
dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.
Sejarah
Tokobagus
didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold
Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau
Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs amazon.com.
Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan
jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs
Tokobagus.
Pada
tahun 2010, PT. Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha
selama 5 tahun di Denpasar, Bali.
Asal
Nama
Nama
Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus”, kata Toko dipakai dengan tujuan
agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata
“Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk
nama toko di Indonesia.
Versi
Mobile
Perkembangan
mobile internet di Indonesia mempengaruhi lahirnya situs m.tokobagus.com pada
tahun 2010. Berlanjut di tahun 2011, bermunculan pula aplikasi mobile untuk
ponsel pintar Android dan BlackBerry.
Arsitekture
E-Business
pada Tokobagus.com
Kerangkakerjaperencanaankonseptualdimanaaplikasibisnisdanteknologiinformasididesainsebagaiarsitekturterpadudarisistemperusahaan
yang mendukunginisiatifbisnisstrategisdan proses bisnislintasfungsi. Arsitektur
dasar dari aplikasi web tokobagus.com adalah
arsitektur clientIserver. Artinya pemrosesan aplikasi ini dijalankan
melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi clien.
Berbeda dengan arsitektur perangkat
keras dan perangkat lunak konvensional yang dibangun olehperusahaan berdasarkan
dua pilihan utama, yaitu membeli paket jadi atau membuat sendiri dari nol, di
dalam membangun infrastruktur e-business dipergunakan kerangka arsitektur
yang terdiri dari berbagaibuilding blocks. Entiti-entiti blok ini
seperti layaknya permainan anak-anak lego dapat dengan mudah
“copot-copot” dan dipasang sesuka hati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan,
untuk mendirikan sebuah bangunan arsitektur sesuai keinginan. Salah satu standar
kerangka arsitektur e-business yang mempergunakan pendekatan ini
dikembangkan bersama oleh Alta Software dengan Cisco Systems
Arsitektur ini dibangun oleh
berbagai building blocks yang didalamnya dapat dikonfigurasi sesuai
dengankebutuhan perusahaan. Komponen-komponen tersebut antara lain: Order Management
Server, ProductConfiguration Server, Dynamic Content Server, Commerce
Transaction Server, dan Secured AccessServer. Masing-masing komponen ini secara
fleksibel dapat dengan mudah dan secara cepat di-“bongkarpasang” sesuai dengan
kebutuhan spesifik perusahaan. Berikut adalah penjelasan ringkas mengenai
fungsi beberapa komponen yang berada di dalam arsitektur sistem e-business.
·
Order Management Server
Sistem ini memiliki fungsi utama
untuk menangani masalah pemesanan produk atau jasa sampai denganproses
pengirimannya kepada konsumen. Setelah perusahaan melakukan validasi terhadap
pemesananproduk yang dilakukan oleh calon pembeli, sistem ini secara otomatis
mengirimkan perintah pengadaanbarang ke bagian pemasok (suppliers) yang
biasanya telah memiliki sistem informasinya sendiri sepertiERP (Enterprise
Resource Planning). Untuk memberitahukan konsumen bahwa pesanannya telah
diprosesdan dalam status tertentu, dieprgunakan sebuah metode khusus yang
dinamakan Event Notification Agent.
·
Product Configuration Server
Pada prinsipnya sistem ini dibangun
untuk mempermudah konsumen dalam menentukan konfigurasi produk yang diinginkan,
tentu saja dengan catatan bahwa produk yang ditawarkan dapat di-customised(ditentukan
spesifikasinya sesuai dengan keinginan spesifik konsumen). Biasanya cara kerja
sistem inimempergunakan konsep Rule-Based Engine dimana berdasarkan
sejumlah peraturan tertentu, konsumen dapat melakukan tailor made terhadap
konfigurasi dan spesifikasi produk akhir yang diinginkan.
·
Dynamic Content Server
Komponen ini merupakan jantung dari
informasi perusahaan dimana secara dinamis dan kontinyu,melakukan pengelolaan
dan update terhadap informasi halaman HTML (situs) yang dapat dengan
mudahdiakses oleh konsumen maupun mitra bisnis. Dikatakan dinamis karena
perusahaan dapat dengan mudah merubah berbagai informasi properties dari
produk yang ditawarkan dengan mudah dan secara otomatis perubahan tersebut akan
“dicatat” oleh halaman HTML terkait sehingga konsumen atau mitra bisnis
dapatseketika melihat informasi termutakhir. Contoh karakteristik produk yang
dapat dirubah informasinyaantara lain adalah harga, jumlah, warna, dan lain
sebagainya. Yang unik adalah bahwa sistem ini menyediakan fasilitas untuk
membuat halaman HTML yang berbeda untuk masing-masing konsumen atau mitra
bisnis sesuai yang diinginkan.
·
Commerce Transaction Server
Dalam kenyataannya, transaksi
e-commerce sederhana akan melibatkan berbagai pihak, mulai dari proses
pemesanan sampai dengan pembayaran dan distribusi produk yang dibeli. Terhadap
beragam proses tersebut, sejumlah server atau sistem lain harus bekerja
sama berdasarkan aturan dan skenario yang disepakati. Sistem Commerce
Transaction Server ini bertugas untuk mengelola keperluan tersebut, agar
proses transaksi yang melibatkan sejumlah server dapat berjalan dengan
efektif. Realibility dan consistency merupakan dua standar
kualitas yang harus dicapai oleh sistem ini.
·
Secured Access Server
Sesuai dengan namannya, sistem ini
bertujuan untuk menjaga agar transaksi yang berjalan dapat terjamin
keamanannya, seperti:
·
Proses
pembayaran, agar tidak ada pihak-pihak yang dapat mencuri
nomor kredit card, rekeningbank,
identifikasi digital cash, dan lain-lain ;
·
Proses
pengiriman dokumen, agar data pribadi yang rahasia tidak jatuh ke tangan mereka
yang tidak berhak;
·
Proses
verifikasi, agar situs yang ada hanya dapat diakses oleh mereka yang berhak;
·
Proses
autientifikasi, agar perusahaan benar-benar melakukan transaksi dengan pihak
yang dimaksud;
Kerangka yang dibangun oleh Alta dan
Cisco ini mempergunakan pendekatan arsitektur multi-tier yang paling
canggih, yang dapat dengan mudah dikembangkan sejalan dengan pertumbuhan dan
perkembangan perusahaan. Tiga kelebihan utama yang ingin dicapai dengan sistem
arsitektur di atas, yaitu:
1. Scalability – dimana arsitektur yang ada dapat
secara fleksibel dikembangkan untuk mengelola tipe bisnis e-commerce yang
paling sederhana sampai dengan sistem kompleks yang melibatkan transaksi dengan
frekuensi tinggi dan volume besar dengan prinsip “rumah tumbuh” (dari
kecil,lambat laut menjadi besar);
2. Security – dimana faktor-faktor keamanan
dibangun secara built-in pada masing-masing komponen sehingga
meningkatkan kualitas keamanan yang ada
3. Integration – dimana arsitektur yang ada
dibangun oleh berbagai komponen-komponen yang dapatsaling terintegrasi secara
efektif, baik antar komponen-komponen internal sistem, maupun dengan berbagai
sistem yang berada di luar sistem yang dimiliki perusahaan (eksternal).
Teknologi yang Mendukung
Untuk
menjalankan e-Business,
diperlukan beberapa servis atau infrastruktur yang mendukung pelaksanaan business. Servis-servis ini
akan dibahas pada bagian (section) di bawah ini.
1.
Directory
Services
Directory
services menyediakan informasi tentang pelaku bisnis dan end user, seperti
halnya buku telepon dan Yellow Pages. Ada beberapa standar yang digunakan untuk
menyediakan directory services. Salah satu standar yang cukup populer adalah
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) yang kemudian menimbulkan OpenLDAP
(www.openLDAP.org). Salah satu permasalahan yang mengganjal dalam
penggunaan directory services adalah adanya potensi security hole, yaitu ada
kemungkinan orang melakukan spamming. pamming adalah proses pengiriman email
sampah yang tak diundang (unsolicied emails) yang biasanya berisi tawaran
barang atau servis ke banyak orang sekaligus. Seorang spammer dapat melihat
daftar user dari sebuah directory services kemudian mengirimkan email spamnya
kepada alamat-alamat email yang dia peroleh dari directory services tersebut.
2.
Intfrastruktur
Kunci Publik (Public Key Infrastructure)
Untuk
menjalankan eBusiness,
dibutuhkan tingkat keamanan yang dapat diterima. Salah satu cara untuk
meningkatkan keamanan adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi, yaitu
antara lain dengan menggunakan enkripsi untuk mengacak data. Salah satu metoda
yang mulai umum digunakan adalah pengamanan informasi dengan menggunakan public
key system. Sistem lain yang bisa digunakan adalah privae key system.
Infrastruktur yang dibentuk oleh sistem public key ini disebut Public Key
Infrastructure (PKI), atau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi
Infrastruktur Kunci Publik (IKP), dimana kunci publik
dapat dikelola untuk pengguna yang tersebar (di seluruh dunia).
Komponen-komponen dari infrastruktur kunci publik ini akan dibahas lebih lanjut
pada bagian berikut.
3.
Certification Authority (CA)
Merupakan sebuah body / enity yang memberikan dan mengelola
sertifikat digital yang dibutuhkan dalam transaksi elektronik. CA berhubungan
erat dengan pengelolaan public key system. Contoh sebuah CA di Amerika adalah
Verisign (www.verisign.com). Adalah merugikan apabila perusahaan di Indonesia
menggunakan fasilitas Verisign dalam transaksi eCommerce. Untuk itu di
Indonesia harus ada sebuah (atau lebih) CA. Sayangnya, untuk menjalankan CA
tidak mudah. Banyak hal teknis dan non-teknis yang harus dibenahi. (Catatan:
penulis saat ini sedang mengembangkan sebuah CA untuk Indonesia. Kontak penulis
untuk informasi lebih anjut.) CA dapat diimplementasikan dengan menggunakan
software yang komersial (seperti yang dijual oleh Verisign) dan juga yang
gratis seperti yang dikembangkan oleh OpenCA1.
4.
IPSec.
Keamanan media komunikasi merupakan hal yang penting. Mekanisme
untuk mengamankan media komunikasi yang aman (secure) selain menggunakan SSL,
yang akan dijelaskan kemudian, adalah dengan menggunakan IP Secure. Plain IP
versi 4, yang umum digunakan saat ini, tidak menjamin keamanan data.
5.
Pretty Good Privacy (PGP).
PGP dapat digunakan untuk authentication, encryption, dan digital
signature. PGP umum digunakan (de facto) di bidang eMail. PGP memiliki
permasalahan hukum (law) dengan algoritma enkripsi yang digunakannya, sehingga
ada dua sistem, yaitu sistem yang dapat digunakan di Amerika Serikat dan sistem
untuk internasional (di luar Amerika Serikat). Implementasi dari PGP ada
bermacam-macam, dan bahkan saat ini sudah ada implementasi dari GNU yang
disebut GNU PrivacyGuard (GPG).
6.
Privacy Enhanced Mail (PEM).
PEM merupakan standar pengamanan email yang diusulkan oleh
Internet EngineeringTask Force (IETF) (http://www.IETF.org).
7. S/MIME.
Selain
menggunakan PGP, pengamanan eMail dapat juga dilakukan dengan menggunakan
standar S/MIME. S/MIME sendiri merupakan standar dari secure messaging, dan
tidak terbatas hanya untuk eMail saja. Beberapa vendor EDI sudah berencana
untuk menggunakan S/MIME sebagai salah satu standar yang didukung untuk
messaging. Informasi mengenai S/MIME dapat diperoleh dari berbagai tempat,
seperti misanya: S/MIME Central <http://www.rsa.com/smime/>
8.
Secure
Sockets Layer (SSL).
Seperti
dikemukakan pada awal dari report ini, eBusiness banyak menggunakan
teknologi Internet. Salah satu teknologi yang digunakan adalah standar TCP/IP
dengan menggunakan socket. Untuk meningkatkan keamanan informasi keamanan layer
socket perlu ditingkatkan dengan menggunakan teknologi kriptografi. Netscape mengusulkan
pengamanan dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) ini. Untuk implementasi
yang bersifat gratis dan open source, sudah tersedia OpenSSL project
(http://www.openSSL.org). Selain SSL ada juga pendekatan lain, yaitu dengan
menggunakan Transport Layer Security (TLS v1).
Metode Pengembangan Bisnis Online Tokobagus.com
Dalam
banyak kasus, sebuah Bisnis Online bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman
yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, serta beberapa
faktor yang termasuk:
·
Menyediakan harga kompetitif.
·
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap,
cepat, dan ramah.
·
Menyediakan informasi barang dan jasa
yang lengkap dan jelas.
·
Menyediakan banyak bonus seperti kupon,
penawaran istimewa, dan diskon.
·
Memberikan perhatian khusus seperti
usulan pembelian.
·
Menyediakan rasa komunitas untuk
berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
·
Mempermudah kegiatan perdagangan.
Analisa Tokobagus.com
Konsep
Konsep
Tokobagus yaitu Interaction. Tokobagus merupakan interaksi pertukaran informasi
atau data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (electronic
data interchange).
Model
Consumer-to-Consumer
(C2C) yang merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada
perorangan juga. Suatu perusahaan yang memfasilitasi atau memberikan wadah
kepada konsumer agar bisa menjual atau membeli dari konsumer lain melalui internet.
Analisa Desain Web Tokobagus.com
·
Accessibility
Dari segi aspek Accessibility dalam
website Tokobagus sudah cukup terpenuhi, karena website ini menyediakan versi
mobile. Sehingga para pengunjung yang ingin mengakses situs Tokobagus dapat
dilakukan melalui handphone. Hanya saja website Tokobagus tidak menyediakan
versi English (Bahasa Inggris) bagi pengunjung mancanegara.
·
Esthetically Pleasing
Penempatan menu sudah sangat baik.
Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu
bagus dan tidak terlalu berlebihan. Sehingga kalau dilihat dari segi estetika
terlihat sangat elegan.
·
Availability
Website Tokobagus ini jika dilihat
dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari
tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan
penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung
untuk menemukan barang yang ingin dicari.
·
Clarity
Website ini sudah cukup memenuhi
criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di
Tokobagus memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga
spesifikasi produk-produk yang diposting di Tokobagus dapat terlihat dengan
jelas.
·
Compatibility
Website ini sudah cukup compatible,
karena dapat dijalankan di berbagai browser.
·
Configurability
Dari segi aspek configurability
website Tokobagus bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan
memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat
melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut.
·
Consistency
Dilihat dari segi tampilannya, website
ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang
sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan
proporsional serta tidak berlebihan.
·
Control
Website Tokobagus memiliki control
yang baik, semua tombol dapat berfungsi dengan baik. Tidak ada tombol yang
tidak berfungsi dan dapat digunakan dengan baik.
·
Directness
Website Tokobagus sudah memenuhi
prinsip-prinsip directness. Misalnya pada saat user telah terdaftar menjadi
anggota Tokobagus, user dapat memiliki halaman pribadi didalam Tokobagus yang
disebut “tokosaya”.
·
Efficiency
Website Tokobagus cukup efisien.
Contohnya seperti dalam penempatan menu yang ada di (kanan atas,kiri dan bawah)
sudah cukup proporsional sehingga lebih memudahkan pengguna untuk merujuk ke
menu tanpa harus menggeserkan scrollbar. Ditambah lagi semua objek(produk)
disusun berdarkan kategori sehingga memudahkan visitor dalam pencarian objek.
·
Familiarity
Prinsip familiarity sudah terpenuhi
pada website Tokobagus. Contohnya seperti design logo Tokobagus yang simple dan
unik pada halaman website tersebut membuat para visitor menjadi familiar.
·
Flexibility
Prinsip flexibility sudah terpenuhi
pada website Tokobagus. Contohnya seperti rancangan pada websitenya sudah
diatur dan disesuaikan untuk kemudahan para visitor, supaya para visitor
website Tokobagus dapat melakukan transaksi dengan mudah jika berkunjung ke
situs tersebut.
·
Forgiveness
Website ini sudah menerapkan prinsip
forgiveness. Website Tokobagus menyediakan kolom bantuan sehingga memudahkan
website tersebut dalam penaganan kesalahan.
·
Immersion
Website Tokobagus sudah mengandung
prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses,
sudah langsung menampilkan halaman untuk promosi produk, sehingga para visitor
dapat langsung melihat barang yang ingin dia beli.
·
Obviousness
Website Tokobagus sudah memunuhi aspek
obvious, karena para visitor dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa
yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web tersebut.
·
Operability
Selain website Tokobagus dapat
dioperasikan atau diakses lewat PC maupun laptop, Tokobagus juga menyediakan
versi mobile bagi para pengguna yang ingin mengakses lewat handphone.
·
Perceptibility
Website Tokobagus telah
memenuhi prinsip perceptibility. Dengan melihat halaman website, user akan
cepat memahami dan beradapatasi dengan website tersebut .
·
Predictability
Website Tokobagus telah menerapkan
aspek predictability. Website Tokobagus telah memperhitungkan secara matang
dengan menyediakan fitur tokosaya yang diperuntukan untuk para member yang
ingin memasang iklan serta mendagangkan produk jualannya, sehingga memudahkan
dalam proses transaksi.
·
Recovery
Website ini sudah dapat recovery bila
terjadi kesalahan. Misalnya saat user ingin login di Tokobasgus bila belum
mendaftar sebagai member di website tersebut maka akan muncul validasi “Anda
belum terdaftar”.
·
Responsiveness
Website Tokobagus memiliki respon yang
baik terhadap user, hampir semua tools dan tombol ketika di klik dapat
memberikan respon balik terhadap user.
·
Safety
Dalam hal ini website Tokobagus sudah menerapkan prinsip safety.
Website Tokobagus menyediakan ketentuan-ketentuan dan tips cara aman
bertransaksi pada websitenya sehingga memberikan pengetahuan dan keamanan
tentang tata cara bertransaksi.
Secara keseluruhan sudah bagus, sudah memenuhi kriteria, serta
dapat diakses dengan cepat.
Analisa Pengunjung Tokobagus.com
Seiring
dengan kemajuan IT di Indonesia perkembangan dan kebutuhan website meningkat
tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan,
Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak
heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu kekuatan brand bagi
dunia usaha. Website dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus
mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha
online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online
Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta
Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber :
www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin
mudahnya akses internet di Indonesia.
Tokobagus
merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada
di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari
barang. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online
terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang
mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs
penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya.
Analisa Content Tokobagus.com
Tokobagus
benar-benar menjadikan member (dan calon pembeli) sebagai raja, dan menyediakan
Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan
penggunaan situs Tokobagus.com juga pertanyaan non teknis yang lain, dan
sebentar lagi juga akan diluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi
rujukan pengguna disaat Live Support sedang offline.
Setiap
member di Tokobagus juga berpeluang menjadi Verified Member, dimana akan
dikirimkan kode verifikasi ke alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan
melalui profil mereka di Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih
aman.
Tokobagus
juga menyediakan statistik iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana
yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum
maksimal.
Tokobagus
juga sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan memperoleh nilai plus di
mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).
Setiap
penjual di Tokobagus akan memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka
pilih (contoh: peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan
themenya. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan
menulis aturan yang berlaku di toko mereka.
Fitur
Beberapa
fitur pada Tokobagus.com, diantaranya :
·
Extrafield
Terdapat extrafield didetail iklan kategori property
dan otomotif.
·
IklanMember
Terdapat widget Iklan Lain dari member di detail
iklan.
·
Sortir Iklan
Terdapat fitur Sorting pada list iklan berdasarkan
waktu pemasangan, judul dan harga.
·
Search Faceting
Fitur filterisasi hasil pencarian berdasarkan
lokasi, harga, tipe iklan dan lain-lain. Sehingga user akan lebih mudah dalam
mencari barang yang diinginkan.
·
Search Suggestion
Fitur yang memberikan saran keyword populer yang
kemungkinan dimaksud oleh user saat menginput keyword di form search.
·
Keyword Suggestion
Saat hasil pencarian tidak ditemukan, keyword
pencarian terkait akan diberikan kepada user.
·
Pop-Up Images
Menampilkan pop up images yang lebih besar di list
iklan saat mouse berada di thumbnail.
·
Widget
Peningkatan pada navigasi situs yang menampilkan iklan-iklan yang didapat dari hasil pencarian tanpa perlu kembali ke jendela sebelumnya.
Peningkatan pada navigasi situs yang menampilkan iklan-iklan yang didapat dari hasil pencarian tanpa perlu kembali ke jendela sebelumnya.
Sumber
http://Monster Bear Blog's ARSITEKTUR
E-COMMERCE & TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar