Disusun
Oleh
Fitri Intan Ekawati (12110831)
Heni Juwita Dewi S (13110234)
Novi Latifah (15110054)
Nurul
Aisyah (15110198)
Kelas 4KA08
Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis
“TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan
teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada cyberspace sebagai suatu
sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi,
media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada
perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi
menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and
INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication.
Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir
karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan
teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer
dengan istilah konvergensi.
Peranan Telematika
dalam Kehidupan Sehari-hari
Penggunaan istilah telematika sendiri mungkin lebih
akrab di telinga masyarakat umum dalam ranah hukum. Istilah ini, sering
digunakan karena dianggap dapat membantu untuk mengungkap kebenaran dari suatu
barang bukti, khususnya barang bukti yang berkaitan dengan media teknologi
informasi, seperti video dan foto. Sehingga sangat membantu proses penyidikkan
yang dilakukan oleh penegak hukum. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu
sempat muncul beberapa video asusila yang cukup menarik perhatian masyarakat.
Apakah benar video tersebut dapat diterima kebenarannya? Disinilah salah satu
kegunaan telematika. Melalui analisa-analisa dari sisi telematika maka dapat diketahui
kebenaran dari video asusila tersebut.
Bidang yang Terkait dengan Telematika
Saat ini
Telematika muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan
interaksi di antara manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui
aplikasi Information and Communications Technology (ICT).Contohnya saja
E-commerce Salah satu bidang yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika
adalah bidang ekonomi.
·
E-Government ( admnistrasi pemerintahan secara
elektronik ) adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan
hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Contoh nyata dari program
e-government ini adalah adanya badan khusus yang mengurus hal – hal berkaitan
dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas
untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka
meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.
·
E-commerce ( transaksi jual beli secara elektronik )
merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer, atau pertukaran
produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet.
·
E-learning ( pendidikan terbuka dengan metode jarak
jauh ) merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara
konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet.
Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat
menghubungkan pengajar dengan muridnya.
Semua itu
mungkin telematika berbasis web, sedangkan diluar itu masih banyak lagi,
seperti GPS ( Global Positioning System ), kompas digital, sistem navigasi dan
lain sebagainya.
Mengingat besarnya penggunaan telematika dalam
berbagai bidang, maka akan banyak memberikan dampak luas bagi masyarakat umum,
khususnya dalam effisiensi waktu produktif, pemerataan distribusi, menyuguhkan
banyak pilihan telematika dan sebagainya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tanpa
disadari telematika sebenarnya telah hidup dalam kegiatan sehari-hari
masyarakat banyak apa lagi jika mengingat semakin pesatnya perkembangan
teknologi, maka dampak dari telematika ini akan semakin besar pula.
Manfaat dan Dampak Negatif dari Telematika
Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari
alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak
dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi
negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan
dengan bijaksana.
Dampak
positif (keuntungan) dari perkembangan telematika antara lain :
·
Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat. Informasi
yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu
informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya
sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
·
Transparasi dalam Informasi. Informasi
dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.
·
Kemudahan dalam memperoleh data. Dengan
adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari
berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
·
Penghematan Waktu. Orang tidak perlu lagi mengorban
waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup
dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
·
Keuntungannya bagi masyarakat.
a.
Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat
menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam
diversifikasi kebutuhan.
b.
Manfaat
internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam
menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
c.
Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara
nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
d.
Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam
perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda
membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak
ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
e.
Pembangunan sektor Telematika diyakini akan
memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya.
·
Keuntungannya bagi anak – anak.
a.
Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah
penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar
membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini
perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment)
yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
b.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program
aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan
tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games
dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran
(role-play).
c.
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan
melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang
muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak
mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan
terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Dampak
negatif (kerugian) dari perkembangan telematika antara lain :
·
Adanya cyber crime yaitu mengkloning data.
·
Menyadap data.
·
Mengubah data tanpa seizin pemilik data.
·
Kekurangannya bagi anak. Melalui internetlah berbagai
materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan
tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu
dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran
seks, saat tengah Surfing (“berselancar”) di internet.
Hal – hal
yang harus dilakukan oleh orang tua demi mencegah dampak negatif pada anak :
Ø Orangtualah
yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
Karena itu, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gaptek.
Sayangnya, seringkali anaknya sudah terlalu canggih, sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka internet, juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak. Nanti ketika ada akibat buruknya, orangtua baru menyesal.
Sayangnya, seringkali anaknya sudah terlalu canggih, sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka internet, juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak. Nanti ketika ada akibat buruknya, orangtua baru menyesal.
Ø Gunakan
software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja
program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci
segala akses yang berbau seks dan kekerasan.
Ø Letakkan
komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan
di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, akan mempersulit
orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau
menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci.
Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan
pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.
Ø Cegah
kecanduan. Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya
‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu
anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua
tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat
kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh
bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama
satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
Pengertian
E- Business
e-Business
atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang
berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang
dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet
sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi
teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem,
pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
Metode bisnis elektronik
memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan sistem pengolahan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel , untuk bekerja lebih erat dengan
pemasok dan mitra , dan untuk lebih memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan
mereka. Internet adalah publik melalui cara . Perusahaan menggunakan lebih
pribadi dan jaringan sehingga lebih aman untuk manajemen yang lebih efektif dan
efisien fungsi internal mereka.
Dalam
prakteknya , e-bisnis adalah lebih dari sekedar e -commerce . Sementara e - business
mengacu pada fokus yang lebih strategis dengan penekanan pada fungsi yang
terjadi menggunakan kemampuan elektronik , e - commerce adalah bagian dari
strategi e - bisnis secara keseluruhan . E -commerce berusaha untuk menambah
aliran pendapatan menggunakan World Wide Web atau Internet untuk membangun dan
meningkatkan hubungan dengan klien dan partner dan untuk meningkatkan efisiensi
dengan menggunakan strategi Kapal Kosong . Seringkali, e - commerce melibatkan
aplikasi dari sistem manajemen pengetahuan.
Model-model E-business :
® B2B (Business to Business)
PengertianB2B :
Merupakansistemkomunikasibisnisantarpelakubisnisatautransaksisecaraelektronikantarperusahaan
yang dilakukansecararutindandalamkapasitasproduk yang besar.
KarakteristikB2B :
- Pertukaraninformasi yang dilakukanantarpembisnistersebutatasdasarkebutuhandankepercayaan.
- PertukaranInformasi yang dilakukandengan format yang sudahdisepakatidan Service sistem yang digunakanantarkeduapembisnisjugamenggunakan standard yang sama.
- Salah satupelakubisnistidakharusmenunggurekanbisnisnyauntukmengirimkandatanya.
- Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
- Model yang umumdigunakanadalah peer-to-peer, dengan model iniantarpelakubisnislebihmudahuntukmendistribusikaninformasi yang dimilikinya
® B2C (Business to Customer)
PengertianB2C :
Merupakansistemkomunikasibisnisantarpelakubisnisdengankonsumenuntukmemenuhikebutuhantertentupadasaattertentu.
KarakteristikB2C :
- Informasidisebarkansecarumum.
- Pelayanan yang diberikanbersifatumumsehinggabanyakdigunakanolehbanyak orang.
- Pelayanan yang diberikanberdasarkanpermintaan. Konsumenmelakukanpermintaan, makapelakuusahaharuscepatdansiapmeresponpermintaankonsumentersebut.
- Pendekatan yang dilakukanadalah Client Server, dimanaKonsumenberadapadasisi Client, denganmenggunakan Web Broses untukmengaksesnya, danPelaku Usaha beradapadasisi Server
®
C2C
(Customer to Customer)
PengertianC2C
:
Merupakansistemkomunikasidantransaksibisnisantarkonsumenuntukmemenuhikebutuhantertentupadasaattertentu.
KarakteristikC2C :
- Padalingkupkonsumenkekonsumenbersifatkhususkarenatransaksi yang dilakukanhanyaantarkonsumensaja, sepertiLelangBarang.
- Internet dijadikansebagaisaranatukarmenukarinformasitentangproduk, harga, kualitasdanpelayanannya.
- Konsumenjugamembentukkomunitaspenggunaataupenggemarsuatuproduk. Sehinggajikaadaketidakpuasansuatuproduk, makaakansegeratersebarluasmelaluikomunitastersebut.
E-business dapat DibagiMenjadi Beberapa
Kelompok :
·
Customer Relationship Management (CRM)
Strategi
bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan ,
pendapatandan kepuasan pelanggan.
·
Enterprise Resource Planning (ERP)
Strategi
bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber
daya ,informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.
·
Enterprise Application Programs (EAI)
Strategi
bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan
saling bertukar data.
·
Supply Chain Management (SCM)
Strategi Manajemen
rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.
Adapun
Beberapa Pelaku E-Business Adalah:
·
Perusahaan
·
Konsumen
·
Perusahaan
·
Supplier
·
Rekan bisnis
Alat/Media/Sumber
Daya yang Digunakan :
·
Teknologi informasi dan komunikasi
·
Komputer
·
Internet
Kegiatan
Sasaran :
·
Kegiatan bisnis
·
Proses bisnis utama
·
Pembelian, penjualan, pelayanan,
transaksi
Tujuan
:
·
Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan
organisasi
·
Sharing informasi
Keuntungan
:
·
Pendekatan yang aman, fleksibel, dan
terintegrasi
·
Efisien dan Efektif
·
Peningkatan produktivitas dan keutungan
Tahap E-business
Ada
empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan Internet untuk tujuan e-business,
di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business. Empat
tahapan itu adalah sebagai berikut:
·
Tahap pertama : Mendayagunakan
komputer
Komputer
menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu
yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan
keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.
·
Tahap kedua : Mendayagunakan
jaringan dan internet
Apa
yang ditawarkan jaringan komputer dan internet bagi sebuah bisnis? Meningkatkan
kemampuan koordinat dan komunikasi, baik itu internal maupun eksternal, yang
pada akhirnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk
kepentingan tersebut kita dapat memanfaatkan e-mail, IRC maupun mailing list.
·
Tahap ketiga: Membangun dan
mendayagunakan web
Web
menawarkan informasi selama 24 jam. 7 hari dalam seminggu. Anda dapat berbagi
informasi dengan pelanggan sekaligus menjaring pelanggan baru.
·
Tahap keempat: E-commerce
Pada
tahap ini, perusahaan telah mempersiapkan dan membangun fasilitas transaksi
online baik dengan pelanggan maupun dengan para supplier atau dengan pihak lain
yang berkepentingan dengan web.
Cara Mendapatkan Data / Materi Tentang
Telematika dan E-business
Pencarian materi E-business
dilakukan menggunakan internet. Materi yang disajikan cukup lengkap meskipun hanya
diperoleh dari sebuah blog. Contohnya, terdapat pengertian e-business, model,
hingga pengelompokkan e-business. Dari nama blog yang kami akses, kami yakin
materi yang di sajikan oleh penulis blog bisa dipercaya. Karena nama blog
tersebut senada dengan materi yang kami bahas.PengaksesandilakukanpadaTanggal 25 September 2013 pada
pukul
13.00 WIB.
Sumber:
http://mochazmcpower.blogspot.com/2012/06/pengertian-dan-konsep-e-business.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar