Senin, 23 April 2012

HARI KARTINI


21 April 2012 adalah hari kelahiran ibu Kartini yang disebut-sebut sebagai salah satu tokoh pejuang wanita yang mendobrak belenggu-belenggu keterpurukan wanita pada zamannya.

Yaa, RA.Kartini adalah tokoh emansipasi wanita yang menjadikan derajat wanita kini setara atau disetarakan dengan para pria. Mengapa demikian ?? konon katanya pada zaman beliau, wanita tidak diizinkan untuk keluar rumah dan hanya boleh bekerja didapur serta tak boleh sekolah. Namun Kartini muda tak setuju dengan hal tersebut berniat untuk mendobrak kebiasaan tersebut. beliau berpendapat bahwa wanita pun punya hak untuk bersekolah dan dihargai keberadaannya, maka akhirnya beliau mendirikan sekolah rakyat yang siswanya adalah wanita-wanita Indonesia. Disekolah itu beliau mengajarkan para wanita Indonesia baca tulis dan beberapa pekerjaan wanita seperti memasak dan menjahit.

Begitu besarnya jasa-jasa ibu Kartini bagi wanita-wanita Indonesia. Bayangkan saja,  jika saat itu tak ada seorang RA. Kartini mungkin sampai saat ini tak akan pernah ada jabatan MENTERI, DOSEN, DOKTER atau bahkan ENGINER pesawat sekalipun yang dikepalai oleh seorang wanita.

Maka dari itu lah pemerintah dan masyarakat selalu memperingati hari kelahiran RA. Kartini untuk mengenang jasa-jasa beliau.

Tapi, peringatan hari Kartini tahun ini diwarnai dengan beberapa peristiwa tak terduga yang menyita perhatian saya, tetangga  dan bahkan masyarakat luas seperti peristiwa Hampir Kebakaran dan Meninggalnya Pak WAMEN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar