Kamis, 15 Maret 2012

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (kelompok 1)

Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.

Bunyi Hukum Permintaan :
Jika harga naik maka permintaan akan berkurang dan jika harga turun maka permintaan akan bertambah.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi adanya permintaan adalah :
  • Pendapatan Konsumen
  • Selera Konsumen
  • Jumlah Penduduk
  • Ukuran Harga Kedepan
Banyaknya permintaan dapat diukur dengan menggunakan kurva yang disebut Kurva Permintaan. Kurva Permintaan dibuat berdasarkan sebuah data yang diperoleh melalui penelitian. Bentuk dan kemiringan garis pada kurva dipengaruhi dengan banyaknya data yang diperoleh.

Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.

Bunyi Hukum Permintaan :
Jika harga naik maka jumlah permintaan akan bertambah dan jika harga turun maka jumlah permintaan akan berkurang.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penawaran adalah :
  • Biaya Produksi
  • Kemampuan Usaha Perusahaan Dalam Memproduksi Barang
  • Harapan Perusahaan (dalam hal laba yang diinginkan)
  • Ketersediaan Sumber Produksi
  • Jumlah Barang Yang Diminta Konsumen
Seperti halnya Permintaan, Penawaran pun dapat di ukur dengan menggunakan kurava yaitu Kurva Penawaran yang bergerak dari kiri bawah ke kenan atas.

Studi Kasus

Kelompok 1 membahas sebuah artikel yang di ambil dari liputan6.com yaitu Kenaikan BBM. Salah satu yang mempengaruhi Kenaikan BBM  adalah keberadaan Minyak Mentah. Indonesia adalah negara penghasil minyak mentah, namun sangat di sayangkan Indonesia belum bisa mengolahnya sendiri sehingga untuk mengolah minyak mentah ini menjadi bahan bakar Indonesia bekerjasama dengan investor luar. Hal ini mengakibatkan harga BBm terus menaik.

Sesi Tanya Jawab
  1. Bagaimana cara mengatasi apabila harga naik tapi permintaannya stabil dan barang masih tetap diminati konsumen ?
  2. Apa yang dimaksud barang Substitusi dan Komplementer ?
  3. Mengapa pada kenyataan sekarang, walau harga BBM naik tapi permintaan tetap bertambah/stabil. Hal ini berbanding berbalik dengan hukum permintaan. Jelaskan !
Jawaban
  1. Caranya dengan mengadakan Operasi Pasar (biasanya'a dilakukan oleh pemerintah).  Perusahaan juga harus mempertahankan eksistensinya dengan memberikan inovasi baru pada produknya. Dan Perusahaan harus lebih kreatif.
  2.  Barang Substitusi adalah barang pengganti yang hampir mirip dengan barang digantikannya .Contohnya kopi digantikan dengan teh. Sedangkan Barang Komplementer adalah barang pelengkap yang biasa digunakan bersamaan dengan barang lainnya. Contohnya gula dengan teh atau gula dengan kopi.
  3. Karena BBM sudah menjadi kebutuhan dan merupakan jenis produk yang tidak ada barang substitusinya dan produk ini adalah produk monopoli pemerintah karena hanya pemerintah yang menjual/memproduksinya sehingga tidak ada harga tawar lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar