Kamis, 15 Maret 2012

Perilaku Konsumen (Kelompok 2)



Konsumen adalah seseorang atau kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa.



Perilaku konsumen yaitu, perilaku yang kosumen tujukan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai mengatur, barang atau jasa yang mereka anggap  akan memuaskan kebutuhan mereka.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :

  1. Kekuatan Sosial Budaya : Kelas Sosial, Kelompok (grup), Keluarga (family).
  2. Psikologis : Motivation, Perception, Learning, Evaluation, Believe.

Perilaku konsumen dapat dinilai dengan sebuah pendekatan yaitu Pendekatan kardinal (seperti kurva Indivensi) dan Pendekatan Ordinal.

Macam-macam perilaku konsumen :
  1. Gengsi
  2. Fanatik Kedaerahan
  3. Berpikiran Pendek
  4. Lingkungan
  5. Penilaian orang lain 

Studi Kasus

Kelompok 2 membahas artikel MOBIL ESEMKA yang berhubungan dengan materi yang disampaikan yaitu Perilaku Konsumen. Akhir-akhir ini Indonesia digemparkan dengan adanya temuan baru atau ciptaan baru yaitu Mobil buatan anak bangsa yang diberi nama Mobil ESEMKA. Konsumen berbondong-bondong memesan mobil tersebut yang pada kenyataannya belum jelas keamanannya.
Dalam penjelasannya, kelompok 2 mengklasifikasikan perilaku konsumen tersebut ke dalam beberapa macam perilaku konsumen yaitu :

  1. Gengsi, karena konsumen tersebut bermaksud untuk meningkatkan citranya kepada lingkungan sekitarnya.
  2. Berpikiran pendek, hal ini berhubungan dengan gengsi. Karena mereka lebih mementingkan pandangan masyarakat tentang citra mereka dari pada berpikir panjang tentang MObil yang akan mereka beli tersebut, apakah sudah layak pakai dan aman atau tidak.
  3. Fanatik Kedaerahan, karena sebagian konsumen Indonesia mencintai produk yang dihasilkan anak bangsa. 

Sesi Tanya Jawab

  1. Apa yang mempengaruhi konsumen mengkonsumsi barang secara berlebihan ?
  2. Jelaskan Kurva Inversi ?

Jawaban

  1. Yang mempengaruhi adalah lingkungan, gengsi si konsumen, dan kecenderungan ingin dipandang oleh orang lain. Alasan lainnya adalah keterbukaan pasar, banyak uang yang beredar, dan promosi yang dilakukan perusahaan dan kemudahan dalam mendapatkan suatu barang (order by phone).
  2. Apabila suatu barang dipakai secara bersamaan akan menibulkan kepuasan yang lebih atau mencapai titik kepuasan maksimal dibanding hanya salah satu saja yang dipakai. Contohnya penggunaan Ipod dengan Earphone secara bersamaan sehingga menghasilkan suara yang yang lebih jernih dan fokus.




1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus