Kamis, 21 Juni 2012

Adab dalam berpakaian

Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan sebuah radio yaitu Fajri FM sebuah radio yang mengkaji tentang Islam. Di frekuensi itu sedang ada kajian tentang adab dalam berpakaian dan saya sengaja mencatatnya. Mungkin ini bisa bermanfaat bagi kita makanya saya coba menuliskannya disini.. selamat membaca dan mencoba yaa  (saya pun baru tau dan sedang dalam proses belajar koq)


Ada 8 adab dalam berpakain, yaitu :

1.Harus menutup aurat
Aurat berasal dari kata al-aut dan al-aib yang artinya memalukan. Jadi pakaian yang tidak menutup aurat akan membuat si pemakainya malu.
2.Pakaian tidak menyerupai pakaian lawan jenis
3.Disunnahkan menampakkan nikmat dari Allah
maksudnya pakaian yang indah namun tidak berlebihan atau bahasa gaulnya mah lebay.
4.Tidak menyeret kain yang menjulur ke tanah dengan kesombongan
Nah, yang ini berlaku bagi kaum laki-laki. Yang ini ada haditsnya tapi saya lupa mencatatnya (maaf)
5.Tidak memeakai pakaian syuhroh (ketenaran) agar mendapat perhatian orang lain (ini hukumnya makruh, guys)
6.Tidak memakai pakaian sutera (berlaku bagi laki-laki) hukumnya haram
7.Sunnah memendekkan pakaian laki-laki dan memanjangkan pakaian bagi perempuan.
8.Tidak memakai pakaian bergambar (bernyawa) dan bersyohban (gambar salib)

Nah, itu dia adab-adab dalam berpakaian yang bisa kita praktikan dan kehidupan kita sehari-hari. “kadang hal-hal yang baik memang harus dipaksakan”, begitu kutipan yang pernah guru saya ajarkan.

Semangadh buat perubahan baru yang membuatku menjadi lebih menarik yaa guys . Mulai dari hal yang kecil seperti dalam hal berpakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar