Senin, 18 April 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH



A.     Pengertian Cinta Kasih
Menurut KBBI karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih : perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan kelurga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab, demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Erich Fromm dalam bukunya seni mencinta menyebutkan bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi.

B. Cinta Menurut Ajaran Agama

 Adalah Agama memberikan ajaran cinta kepada manusia. Berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Quran.
Cinta diri
Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. manusia senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, mengaktualisasikan diri dan juga mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Diantara gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaannya yang sangat terhadap harta, yang dapat merealisasikan semua keinginannya dan  memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup (Q.S Al-Adiyat, 100:8). Namun hendaknya cinta manusia pada dirinya tidaklah terlalu berlebih-lebihan dan melebihi batas. harus diimbangi cinta pada orang lain dan cinta berbuat kebajikan pada mereka.
Cinta kepada sesama manusia
Al-Quran juga menyeru kepada orang-orang yang beriman agar saling cinta-mencintai seperti cinta mereka kepada diri sendiri.
Cinta seksual
cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antara suami-istri. ia merupakan faktor primer bagi kelangsungan hidup keluarga:
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi yang berpikir (Q.S. Ar-Rum, 30:31)
Dorongan seksual melakukan fungsi penting yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis. lewat dorongan seksual terbentuklah keluarag, masyarakat dan bangsa.
Cinta kebapakan
Hubungan antara anak dan ayahnya adalah hubungan dorongan psikis bukan dorongan fisiologis seperti hubungan anak dengan ibunya. Cinta kebapakan dalam Al-Qur'an diisyaratkan dalam kisah nabi Nuh as. Betapa cintanya ia pada anaknya, tampak jelas sekali ketika ia memanggialnya dengan penuh rasa cinta, kasih dan belas kasihan untuk naik perahu agar tidak tenggelam ditelan ombak.
Cinta kepada Allah
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduanya kepada-Nya. "Katakanlah : "jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah maha pengampun lagi maha penyayang" (Q.S, Ali imran, 3:31).
Cinta kepada rasul
cinta kepada rasul yang diutus Allah bagi seluruh alam semesta menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral maupun sifat luhur lainnya.

C.     Kasih Sayang

Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggungjawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehinggga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

D.Kemesraan

Berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sedang berumah tangga. kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan cinta yang mendalam . Filsuf rusia, Salovjef dalam bukunya makna kasih mengatakan: "jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar keluar dari cinta diri. ia mulai hidup untuk orang lain. Pernyataan ini  dijabarkan secara indah oleh William Shakespeare dalam kisah "romeo dan juliet" bila di Indonesia kisah Roro Mendut- Pronocitro.

E. Pemujaan

Pemujaan adalah manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Pemujaan kepada tuhan adalah inti, nilai, dan makna kehidupan yang sebenarnya. Apa sebab itu terjadi karena Tuhan mencipta alam semesta. Maka pada ayat 60," Bila dikatakan kepada mereka, sujudlah kepada Tuhan yang maha pengasih".
Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama, kepercayaan, kondisi, dan situasi. Sholat dirumah, di mesjid, sembahyang di pura, di candi, di gereja, bahkan ditempat-tempat yang dianggap keramat merupakan perwujudan dari pemujaan kepada Tuhan.

F.      Belas Kasihan

Kata kasihan atau rahmah berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain. Dalam surat Al-Qolam ayat 4, maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT.



G.Cinta Kasih Erotis

Pada dasarnya dasarnya cinta tersebut bersifat eksklusif, tidak universal dan yang paling tidak dapat dipercaya. dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Dalam kebudayaan barat/ zaman sekarang gagasan perjodohan tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih dianggap sebagai hasil reaksi emosional dan spontan, seolah-olah kita dengan tiba-tiba tercekam oleh perasaan yang tidak dapat dielakkan. Menurut pandangan ini orang hanya memperhatikan ciri-ciri kedua individu yang bersangkutan. Ada juga yang memandang bahwa faktor didalam cinta kasih erotis itu adalah keinginan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar